Rabu, 13 Februari 2013 | By: Blackscript_Files

Mengatasi DirectX Error

Assalamu 'Alaikum Wr. Wb.
Ini Postingan yang ga biasa yang ada di Blog gue, postingan gue kan biasanya cerita konyol, tips dan trik aneh, dll. Tapi kali ini gue akan bikin Blog gue lebih bermanfaat bagi kalian semuah yang adaaah di duniah yang mayaaah ini ! *Mulai dah*
By The Way, atau lebih gaulnya di bilang BTW, yang gue pikir artinya "Oleh Jalan", gue pengen semua orang tau bahwa gue adalah seorang penggemar berat PES segala versi atau bisa dibilang "PES Addict". Nah beberapa waktu yang lalu gue sempet ngalamin masalah saat gue melakukan Installasi PATCH PESEDIT terbaru, yaitu kesalahan pada pengoperasian DirectX yang menunjang kerja game gue. Pesan kesalahan yang tertampil kira-kira begini :
"The program can't start because d3dx9_43.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem."
Yang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia-nya dengan kemampuan Translate super yang gue miliki (translate.google.com) kira-kira begini :
"Program ini tidak dapat (di/me)mulai karena d3dx9_43.dll hilang dari komputer Anda Cobalah menginstal ulang program untuk memperbaiki masalah ini."

 
 (d3dx9_43.dll is missing)
Bisa sama-sama kita pahami bahwa ternyata salah satu file dari DirectX tadi hilang entah kemana, entah terhapus oleh Patch-nya, atau entah faktor lainnya.
Letak file ini berada di folder : C:\Windows\System32
Dan masalah ini juga timbul pada beberapa Game yang lain, bukan hanya pada saat bermain PES saja.
Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Ini nih gue kasih sedikit solusi, semoga aja bener. Kemaren-kemaren sih bisa, ga tau deh kalo di komputer kalian malah ga bisa.

     1. Ganti file d3dx9_43.dll dengan file d3dx9_43.dll yang baru.
Bagaimana cara mendapatkan file yang baru?
kalian bisa meng-copy dari Komputer teman kalian, lebih bagus lagi kalau Sistem Operasi dan Bit nya sama.
Kalau kalian ga punya temen (ciyan amat), kalian juga bisa Download File tersebut di link berikut ini (klik 'ini' nya kaleee) dan kalian pilih DOWNLOAD ZIP-FILE.
Setelah selesai download, ekstrak file tersebut ke folder C:\Windows\System32 . Selesai deh ! Coba jalankan lagi deh Game nya !

      2. Download dan Install kembali Program DirectX (Sesuaikan dengan versi)
Jika cara pertama gagal, silahkan coba cara ini. Cara ini sebenarnya adalah cara yang di anjurkan oleh pihak Microsoft.(Coba baca lagi deh Pesan Kesalahannya).
Kalau kalian males nyari, nih gue kasih Link downloadnya :
Link 1 (Microsoft)
Link 2 (File Hippo)
Ingat ! Liat versinya dulu ya sebelum mendownload, cocok ga sama SO kalian.

      3. Perbaiki kerusakan menggunakan Software Utility
Kemaren gue nemu ini software, tapi belum sempat coba. Menurut forum-forum gamer orang asing sih katanya 100% work. Kalau bisa tolong testimoni nya ya?
Nama software-nya adalah DLL-Files.com Fixer, kalian bisa download software-nya di link cara No. 1 atau kalian bisa cari di google. kalau kalian minta Patch, cari sendiri ya? Soalnya gue juga ga nemu Patch yang Link Download-nya masih Hidup. Sorry !

Jika ada pesan kesalahan lagi setelah kalian mencoba cara pertama, yang kira-kira begini :
Berarti file d3dx9_43.dll tidak cocok dengan file directX yang sebelumnya ada di komputer kalian, gue saranin langsung aja pakai cara 2 atau 3.
Nah sampai sini aja perjumpaan kita, sampai ketemu di lain waktu. 
Wassalamu 'Alaikum Wr. Wb.

Note : Tested on Windows 7 Ultimate 32 bit with DirectX 9

0 Comment:

Posting Komentar